Monday, July 15, 2013

Model Rumah Minimalis Sederhana


Sebelumnya kita telah membahas tentang konsep rumah minimalis, dimana minimalis itu berarti seadanya namun semua kebutuhan fungsi-fungsi bagian rumah terpenuhi, mulai dari fungsi dapur hingga pekarangan (kaki lima). Model rumah minimalis sudah pasti menganut konsep kesederhanaan, model tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya:
  1. Model rumah minimalis berdasarkan tipe,
  2. Model rumah minimalis satu lantai, dan
  3. Model rumah minimalis sederhana lebih dari 1 lantai.
Rumah minimalis berdasarkan tipe yang paling banyak diminati adalah tipe 36 dan type 60. Tipe ini didasarkan pada luas dari bangunan rumah tanpa ikut pekarangan, tipe 36 berarti rumah tersebut berukuran 36 m¬¬¬2 dan seterusnya. Sesuai dengan konsep minimalis itu sendiri maka dalam mendesain rumah kita harus menitik beratkan pembuatan ruangan-ruang dalam rumah sesuai dengan fungsi dasar rumah, dimana fungsi rumah bagi sebuah keluarga adalah:
  • Tampat beristirahat (tidur)
  • Tempat berkumpul anggota keluarga (bertamu)
  • Tempat makan
  • Dan tempat membersihkan diri
Nah maka berdasarkan keempat fungsi dasar tersebut maka di setiap model rumah minimalis haruslah terdapat:
  • Kamar tidur
  • Ruang tamu (living room)
  • Dapur
  • Dan kamar mandi.
Pada tahap desain rumah minimalis maka keempat ruangang didatas juga harus dibuat sesuai dengan konsep minimalis, dimana dalam sebuah kamar tidur minimalis minimal harus ada tempat tidur (baik berupa tikar lantai, rosbang atau springbed) lengkap dengan keperluan tidur (bantal dan selimut), begitu juga pada ruang tamu, dapur dan kamar tidur didalamnya haruslah diisi dengan perabot atau furniture minimalis.

Selain interior minimalism aka pada sebuah model rumah minimalis juga harus didesain eksterior yang mencerminkan sifat tersebut. Dikatakan eksterior minimalis itu apabila pekarangan rumah (bagian luar rumah ) telah memenuhi fungsi-fungsi dasar sebuah pekarangan (tanaman hias, parkir, dan kaki lima). Jika hal dasar tersebut sudah tercukupi maka sebaiknya jangan dilakukan pengurangan fungsi, sebab hal itu akan merepotkan penghuni rumah minimalis itu sendiri.

Penambahan fungsi pada sebuah rumah minimalis tidaklah menyalahi konsep minimalism, misalnya menambahkan ruang buku (ruang baca), menambahkan ruang kerja, hal itu tidak akan membuat sebuah rumah menjadi tidak minimalis lagi. Beda halnya bila anda menambah salon dalam rumah, atau gym didalam rumah, itu akan mengganguaktifitas interaksi sosia, maka itu sudah menyalahi dalam model rumah minimalis.
Sekarang coba anda perhatikan gambar-gambar dibawah ini, yang manakah menurut anda layak dikatakan rumah minimalis? (secara exterior)


gambar rumah minimalis

gambar rumah minimalis sederhana

gambar rumah minimalis satu lantai

0 comments:

Post a Comment